wb_sunny

Breaking News

Bukan Panik, Tapi Terapkanlah Hidup Sehat

Bukan Panik, Tapi Terapkanlah Hidup Sehat

Kemenkes Menghimbau Untuk Menerapka Pola Hidup Sehat

Merebaknya pemberitaan mengenai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia menimbulkan dampak kepanikan bagi sebagian masyarakat.

Tiga dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berbagi informasi tentang mengenal virus Corona, cara penyebarannya, upaya pencegahan dan upaya medis yang dapat dilakukan.

Ketiga dosen tersebut, Ns. Fiane de Fretes, S.Kep., MAN, Kristiawan Prasetyo Agung Nugroho, M.Si., dan dr. Ajar Marhaendro Dewantoro, berbagi informasi itu dalam sebuah acara di sebuah radio swasta Salatiga, baru-baru ini.


Ns. Fiane de Fretes, S.Kep., MAN. mengungkapkan pentingnya  untuk tidak bersikap panik menghadapi virus corona.

“Angka kesembuhannya jauh lebih besar dibandingkan dengan mortalitasnya. Kepanikan yang terjadi di masyarakat justru dapat memperkeruh situasi dan kondisi lingkungan yang tengah sensitif dengan banyaknya pemberitaan hoaks di masyarakat,” katanya.

Ditambahkan Fiane de Fretes, penyebaran virus Corona relatif cepat, namun jika kekebalan tubuh baik, maka peluang seseorang untuk terinfeksi virus tersebut rendah.

Bagi seseorang dengan kondisi immunocompromised atau orang dengan sistem imun rendah karena adanya penyakit penyerta seperti diabetes mellitus berisiko terpapar virus ini.

Di tengah maraknya berbagai info seputar virus Corona, dr. Ajar Marhaendro Dewantoro mengajak masyarakat lebih bijaksana dalam menerima berbagai informasi terkait penyebaran virus ini.

“Masyarakat harus dengan sadar dan sigap mencerna informasi yang beredar dengan cara mencari kebenarannya melalui berbagai sumber informasi kesehatan, salah satunya adalah kepada dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang terkait, atau layanan kesehatan online yang dibuka oleh pemerintah melalui KEMENKES maupun rumah sakit setempat,” terangnya.

Salah satu cara untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas

Hal ini dikatakan oleh Kristiawan Prasetyo Agung Nugroho, M.Si.

“Caranya adalah dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat melalui kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur, menjaga kebugaran fisik melalui olahraga rutin minimal 30 menit per hari, dan beristirahat secara cukup,” jelasnya.

Meskipun demikian, ditambahkan Kristiawan Prasetyo, keberadaan virus Corona memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Mereka menjadi lebih sadar diri untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Salah satunya dengan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas tertentu, berjabat tangan, serta sebelum dan sesudah makan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar