wb_sunny

Breaking News

Bersama KIta Lawan Corona

Bersama KIta Lawan Corona


Seperti yang kita semua sudah tahu dan alami bersama, saat ini negeri kita tercinta, Indonesia, sedang mengalami ancaman virus Corona atau COVID-19. Hal ini menyebabkan lumpuhnya banyak sendi kehidupan di Indonesia.

Jumlah korban jiwa terus bertambah setiap harinya, perekonomian semakin terpuruk dan interaksi sosial harus dipaksa berhenti untuk sementara.

Sayangnya, dalam menghadapi pandemi ini, Indonesia masih mengalami kendala yang besar terutama perihal terbatasnya fasilitas medis dan ketersediaan test kit untuk COVID-19.

Tentu saja, hal ini menjadi isu yang sangat serius, mengingat penyebaran virus akan semakin merajalela tanpa adanya sistem infeksi yang handal.

Saat ini, sangatlah penting bagi negara kita untuk memastikan bahwa test kit yang tersedia efektif digunakan, dan memiliki desain spesifik sesuai dengan profil genetika masyarakat Indonesia.

Lalu, bagaimana kamu bisa membantu untuk membuat hal tersebut menjadi nyata?

Indonesia Pasti Bisa: Bersama Melawan Virus Corona
Bersama dengan East Venture dan perusahaan startup lainnya, KoinWorks sebagai salah satu perusahaan fintech lending di Indonesia, menginisiasi sebuah donasi yang dinamakan KoinDonasi.

Adapun gerakan donasi ini dilatarbelakangi setelah Nusantics, perusahaan teknologi genomic yang sebelumnya meraih pendanaan dari East Venture, ikut serta dalam Task Force Riset Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC10), yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Melihat langkah hebat ini, East Venture memutuskan untuk mendukung penuh inisiatif Nusantics dan BPPT dengan mengerahkan kekuatan ekosistem digitalnya.

Dalam hal ini, KoinWorks akan membantu dalam menampung dan mengelola dana yang didonasikan.

Apa Yang Akan Dilakukan Dari Hasil Pendanaan?
Hasil pendanaan akan digunakan untuk pengembangan 100,000 COVID-19 test kit dan vaksin COVID-19 di Indonesia, yang dipimpin oleh Nusantics, perusahaan teknologi genomic, yang masuk sebagai Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) bentukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Setidaknya ada dua inisiatif riset dan pengembangan yang akan dilakukan supaya bisa melawan virus COVID-19 yaitu:

1. Genome Sequencing
Riset untuk membangun basis data genomic untuk penelitian tentang perawatan pasien dan pengembangan vaksin COVID-19 di Indonesia.

Mengapa hal ini harus dilakukan?
Setiap makhluk hidup di bumi, mulai dari yang terkecil seperti bakteri dan virus hingga yang terbesar seperti paus biru, masing-masing memiliki kode genetika unik berupa DNA atau RNA.

Adapun, virus COVID-19 memiliki RNA, yang mana RNA dalam tubuh manusia berfungsi untuk melakukan proses pembentukan(sintetis) protein.

Rangkaian utuh DNA dan RNA yang ada dalam suatu organisme disebut sebagai genome. Rangkaian ini berisi seluruh informasi yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kelangsungan hidup organisme tersebut.

Contohnya, di setiap sel manusia tersimpan salinan genome yang terdiri lebih dari 3 miliar pasang DNA.

Dikarenakan sangat banyaknya jumlah DNA/RNA di dalam setiap genome, saat ini belum ada perangkat yang bisa memotret genome secara utuh.

Hal yang bisa dilakukan saat ini, hanyalah membagi genome menjadi jutaan fragmen, yang kemudian diurutkan (sekuens) untuk menjadi gambaran genome yang utuh.

Proses pengurutan jutaan fragmen tersebut dinamakan Whole Genome Sequencing.

Pekerjaan merangkai dan mengurutkan fragmen genome ini, diibaratkan seperti merangkai keping-keping puzzle, namun dilakukan menggunakan algoritma dan analisis komputer yang kompleks.

Apa hubunganya dengan COVID-19?
Jika melakukan pemetaan genome virus penyebab COVID-19 dan berbagai mutasinya yang ditemukan di Indonesia, maka kita bisa tahu informasi lengkap tentang organisme tersebut, termasuk caranya bereplikasi (berkembang biak) dan apa yang bisa membunuhnya.

Nah, data genome yang spesifik ditemukan dari mutasi virus COVID-19 di Indonesia, akan menjadi pondasi bagi peneliti dan tenaga medis untuk menciptakan vaksin dan merancang perawatan tepat untuk kasus COVID-19 khusus di Indonesia.

Tak hanya itu, data tersebut juga bisa digunakan untuk mempelajari alur penyebaran COVID-19, sehingga pengambil kebijakan mampu mendesain strategi tepat dalam menekan laju penularaan virus ini.

2. Produksi 100.000 COVID-19 Test Kits
Melakukan pengembangan dan produksi massal test kit COVID-19 untuk populasi Indonesia.

Bukannya saat ini sudah ada Rapid Test, apa bedanya?
Test kit yang saat ini banyak digunakan untuk rapid test infeksi COVID-19, adalah perangkat yang menggunakan metode lateral flow.

Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi antibodi, yang dibentuk oleh tubuh pasien suspect COVID-19.

Tes dengan metode ini cenderung sangat cepat, namun kurang akurat karena sangat bergantung pada sistem imun pasien.

Kesalahan diagnosis dalam bentuk false negative kerap terjadi jika pasien memiliki kelainan sistem imun, atau sedang mengonsumsi obat yang menyebabkan penurunan aktivitas sistem imun (immunosuppressant).

Oleh karena itu, pemerintah menyarankan orang yang terdeteksi positif oleh rapid test untuk kembali didiagnosis dengan tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

Metode ini lebih akurat karena menyasar RNA virus penyebab COVID-19 di tubuh pasien.

Membuat Test Kit yang Lebih Akurat
Perangkat yang akan dikembangkan ini, adalah test kit PCR yang mampu mendeteksi dua gen paling sensitif dalam pendeteksian infeksi virus Corona, yaitu gen N dan gen RdRP.

Gen N atau Nucleocapsid, adalah cangkang yang melindungi inti virus Corona, sedangkan RdRP atau RNA dependent RNA Polymerase adalah gen yang digunakan oleh virus untuk mereplikasi diri (berkembang biak) setelah menginfeksi sel manusia.

Penggunaan dua indikasi di atas, dapat membuat test kit yang dikembangkan oleh Nusantics jauh lebih akurat.

Apa Saja Yang Diperlukan untuk Melakukan Riset dan Pengembangan Ini?
Supaya proses pengembangan test kit dan genome sequencing ini berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan tujuan yang diinginkan, setidaknya ada dua alat medis yang dibutuhkan, yaitu:

1. qPCR system (96 well) → Biorad CFX96 atau Quantstudio 3
2. Automated nucleic acid extraction system → QiaCube

Bagaimana Caranya untuk Ikut Berpartisipasi?
Seperti yang sudah dijelaskan, donasi ini secara khusus agar didonasikan untuk:

Produksi 100.000 qPCR Test Kit
Riset Virus Genetic COVID-19 dan Pengembangan Vaksin
Adapun untuk kamu bisa langsung memberikan donasi melalui aplikasi KoinWorks (khusus aplikasi pada Android) atau kamu juga bisa melakukan donasi dengan mengikuti cara berikut:

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar