wb_sunny

Breaking News

Inilah Barang Yang Perlu Dibawa Saat New Normal

Inilah Barang Yang Perlu Dibawa Saat New Normal


Beberapa daerah di Indonesia sudah tidak memberlakukan peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). DKI Jakarta jadi salah satu daerah yang sudah bersiap untuk memberlakukan normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Artinya, aktivitas akan mulai berjalan seperti biasa. Yang membedakan adalah keberadaan protokol kesehatan yang harus dipenuhi dan dipatuhi. Menggunakan masker dan menjaga jarak pun tetap diberlakukan.

Oleh karena itu, Anda harus mulai mempersiapkan beberapa kebutuhan yang harus dibawa sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona. Berikut barang-barang yang harus ada di tas selama beraktivitas pada masa new normal.

1. Tisu basah
Tisu basah diperlukan untuk membersihkan permukaan pada benda mati. Penggunaan tisu basah yang mengandung alkohol menjadi pilihan tepat untuk membersihkan benda-benda yang akan disentuh seperti mesin ketik dan tetikus di kantor.

2. Tisu kering
Anda bisa menggunakan tisu kering saat tidak sempat mencuci tangan dan ingin menyentuh area wajah. Disarankan menggunakan tisu wajah dengan tekstur lembut dan halus.

3. Cairan pembersih tangan (hand sanitizer)
Barang yang wajib dibawa saat beraktivitas selanjutnya adalah cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Cairan ini digunakan sebagai pengganti air dan sabun antiseptik untuk cuci tangan.

Simulasi new normal yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020. Menanggapi rencana berakhirnya PSBB dan dibukanya kembali sejumlah tempat wisata di Jakarta, TMII menyiapkan sejumlah protokol kesehatan lengkap bagi para pengunjung dan karyawan, diantaranya, wajib menggunakan masker, pengecekan suhu, menyiapkan klinik kesehatan di sejumlah titik, menyediakan tempat cuci tangan, dan membatasi jumlah pengunjung hingga 50%. CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Penggunaan cairan pembersih tangan tidak dianjurkan digunakan setiap saat dan hanya dipakai setelah batuk, bersin, menggunakan toilet, dan kontak dengan orang yang sakit.

Kandungan alkohol dalam cairan pembersih tangan juga perlu diperhatikan. Saat beraktivitas disarankan menggunakan cairan pembersih dengan minimal kandungan alkohol 60 persen.

4. Masker cadangan
Disarankan untuk tidak hanya membawa satu masker saat beraktivitas. Anda harus mempersiapkan 2-3 lembar masker yang bisa diganti.

Apabila menggunakan masker berbahan kain disarankan tidak dipakai lebih dari 4 jam. Alasannya, bahan kain lebih mudah menyerap air ketimbang dengan masker kesehatan lainnya seperti masker N95.

5. Peralatan pribadi
Sebagai langkah pencegahan penularan virus corona, Anda perlu membawa peralatan makan pribadi seperti sendok, garpu, dan sedotan.

Alat ibadah pribadi seperti sajadah, sarung, dan mukena turut dimasukkan ke dalam tas saat berpergian demi mengurangi risiko penularan.

Selain itu, Anda juga perlu membawa sabun pencuci tangan pribadi yang telah dipindahkan ke botol kecil. Cara ini mempermudah untuk mencuci tangan di mana saja tanpa perlu khawatir kehabisan sabun pencuci tangan.

6. Camilan sehat
'New normal starter pack' yang harus dipersiapkan adalah camilan sehat. Sediakan camilan sehat seperti buah-buahan agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Berikut cara terbaik untuk menangkal virus corona adalah mencegahnya. Lebih baik mempersiapkan barang wajib yang perlu dibawa jauh-jauh hari sebelum memulai aktivitas.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar