wb_sunny

Breaking News

Ketika Suhu Tubuh Diatas Normal

Ketika Suhu Tubuh Diatas Normal


Demi mencegah penyebaran Virus Corona, pengecekan suhu tubuh di beberapa kantor, khususnya di Jakarta mulai diterapkan. Petugas keamanan sudah bersiap dengan alat pengukur suhu tubuh.

Para karyawan pun diminta melewati pintu-pintu kantor, yang telah dilengkapi alat pengukur suhu tubuh. Lantas apa yang harus dilakukan saat suhu tubuh karyawan lebih dari 37,3 derajat Celsius.

"Suhu tubuh normalnya sekitar 36 sampai 37 derajat Celsius.  Begitu suhu tubuh Anda meningkat lebih dari 37,3 derajat Celsius, artinya there's something wrong (ada sesuatu yang salah) dengan badan kita," jelas dokter Dewi Sumaryani Soemarko saat ditemui di bilangan Salemba, Jakarta.

"Anda harus mempertanyakan itu dan segera cari pertolongan. Jangan diam aja."

Demam bisa menjadi sinyal tubuh terkena infeksi tertentu. Gejala ini bisa menjadi salah satu tanda terinfeksi virus corona, yang bisa diiringi keluhan sesak napas, kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering.

Kerja di Kantor atau di Rumah?

Saat suhu tubuh meningkat lebih dari 37,3 derajat, pihak perusahaan juga perlu merespons dengan baik. Apakah karyawan tetap masuk kerja di kantor atau di rumah?

"Kalau di kantor, saat Anda demam, laporkan itu pada atasan. Ketika ada karyawan yang demam, sebaiknya stay at home (tinggal di rumah)," kata Dewi dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Universitas Indonesia.

"Istirahat di rumah. Bisa tetap kerja, tapi di rumah dulu sampai demamnya hilang."

Cuti Sakit

Selama di rumah, Anda bisa bekerja dan tak lupa minum obat penurun demam. Hubungi dokter untuk konsultasi. 

Pihak perusahaan harus sampaikan pesan, pekerja harus tinggal di rumah walaupun kena gejala ringan. 

Di setiap perusahaan juga bisa dipasang poster dengan bunyi, 'Tinggal di rumah bagi yang ada gejala ringan atau suhu di atas 37,3 derajat Celsius.'

Menurut Dewi, masa tinggal di rumah bisa diberlakukan cuti sakit.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar