wb_sunny

Breaking News

Lakukan Upaya Perlindungan Diri Dari Virus Corona

Lakukan Upaya Perlindungan Diri Dari Virus Corona


Pandemi virus corona 2019 (COVID-19) telah menjadi kekhawatiran dunia, termasuk Indonesia. Tak disadari, kondisi ini telah mengubah banyak hal, mulai dari cara bekerja, cara belajar, cara berhubungan dengan orang lain hingga perlindungan diri dari virus corona. Tak hanya itu, pandemi ini juga telah mempengaruhi mental masyarakat karena banyak warga menjadi khawatir, takut dirinya atau anggota keluarganya ikut terinfeksi penyakit tersebut jika beraktivitas atau bekerja di luar rumah.

Padahal, beberapa pekerjaan tertentu atau perusahaan tetap mengharuskan pekerjanya untuk bekerja di luar rumah. Apakah Anda termasuk yang harus bekerja di luar rumah dalam situasi seperti ini? Jika ya, janganlah panik dan tetap waspada. Karena, kepanikan bisa membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan mengambil sikap yang tepat. Ada sejumlah tips perlindungan diri dari virus corona saat bekerja di luar rumah yang bisa Anda terapkan.

Perlindungan diri dari virus corona rekomendasi WHO
Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi langkah perlindungan diri jika beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi COVID-19. Secara umum, berikut langkah perlindungan diri yang direkomendasikan WHO:

Kenakan masker

Awalnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya bagi mereka yang sakit dan tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 serta mereka yang merawat orang sakit dengan gejala COVID-19. Kini, setiap orang, termasuk yang sehat, direkomendasikan untuk mengenakan masker saat bepergian atau melakukan aktivitas yang membuatnya bertemu banyak orang. Namun, penggunaan masker yang direkomendasikan adalah masker non-medis, seperti masker kain.

Masker kain, meski tak seefektif masker medis, dianggap sebagai langkah pencegahan daripada tidak menggunakan masker sama sekali.  Alasan rekomendasi ini karena perkembangan terbaru menunjukkan, penularan virus corona bisa terjadi dari orang tanpa gejala (sebagai carrier virus corona). Oleh karena itu, penggunaan masker merupakan langkah perlindungan diri sendiri dan orang lain. Rekomendasi penggunaan masker kain juga memiliki alasan tersendiri, yaitu agar stok masker medis bisa digunakan semaksimal mungkin bagi para pekerja medis yang lebih membutuhkan.

Bawa hand sanitizer

Jika bepergian ke luar rumah, jangan lupa membawa hand sanitizer. Rajin-rajin membersihkan tangan, terutama jika Anda baru menyentuh benda-benda yang dipegang banyak orang. Misalnya, handle pintu, dan lain-lain.

Jangan sering menyentuh wajah

Jangan sering-sering menyentuh wajah jika Anda tengah bepergian, sebelum memastikan bahwa tangan Anda steril. Anda tak pernah tahu apa yang sudah Anda pegang dan apakah ada virus yang menempel di tangan Anda.

Jaga jarak (physical distancing)

Jaga jarak, jaga jarak, jaga jarak. Di ruang publik yang terdapat banyak orang, selalu jaga jarak minimal 2 meter.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar