wb_sunny

Breaking News

Mati Tingakatkan Kesadaran Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan

Mati Tingakatkan Kesadaran Dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan


Sekretaris Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium (PPM) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Mayor Inf Robil Syaifullah, mengimbau masyarakat Kabupaten Cirebon tertib menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini, menurut dia, Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang sudah menjadi zona biru Covid-19.

Pihaknya mewanti-wanti jangan sampai Kabupaten Cirebon berubah menjadi zona kuning Covid-19 dikarenakan warganya kurang tertib menerapkan protokol kesehatan.

"Tadi pas jalan ke sini, saya melihat warga yang beraktivitas tidak mengenakan masker," kata Robil Syaifullah saat ditemui usai meninjau swab test massal di Stadion Watubelah, Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (19/6/2020).

Ia juga mengakui berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon masih banyak warga yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

Bahkan, Robil sendiri melihatnya langsung selama perjalanan menuju Stadion Watubelah.

Pihaknya pun mengajak masyarakat lebih meningkatkan kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya.

"Di fasilitas cuci tangan di tempat publik juga masih belum banyak warga yang menggunakannya," ujar Robil Syaifullah.

Padahal, kata dia, fasilitas tersebut sengaja disediakan agar dapat digunakan masyarakat setiap saat.

Robil menegaskan, mengenakan masker saat keluar rumah dan rutin mencuci tangan merupakan cara termudah serta terampuh dalam menangkal Covid-19.

"Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga harus dibantu masyarakat juga, tidak hanya pemerintah," kata Robil Syaifullah.

Apresiasi Swab Test Massal

Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium (PPM) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat meninjau pelaksanaan swab test massal di Pusat Informasi dan Edukasi Covid-19 (Pusicov) Kabupaten Cirebon, Jumat (19/6/2020).

Sekretaris Divisi PPM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Mayor Inf Robil Syaifullah, mengapresiasi pelaksanaan swab test massal yang berlangsung di Stadion Watubelah, Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, itu.

Ia menilai, pelaksanaan swab test massal yang diselenggarakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon itupun menyasar hampir semua kalangan masyarakat

"Pelaksanaannya juga sangat bagus karena dikelompokkan sesuai segmennya masing-masing," kata Robil Syaifullah saat ditemui usai kegiatan.

Selain itu, menurut dia, sarana dan prasarana yang tersedia di Pusicov Kabupaten Cirebon juga tergolong lengkap.

Termasuk menyiapkan ruang isolasi untuk merawat pasien Covid-19 jika rumah sakit di Kabupaten Cirebon tidak mampu lagi menangani banyaknya pasien.

Namun, pihaknya berharap ruang isolasi tersebut tidak akan digunakan hingga masa Pandemi Covid-19 berakhir.

Pasalnya, jika ruang isolasi itu digunakan maka artinya rumah sakit di Kabupaten Cirebon tidak mampu lagi menangani pasien Covid-19.

"Cukup disiapkan saja, mudah-mudahan ruang isolasinya tidak sampai digunakan," ujar Robil Syaifullah.

Dalam kesempatan itu, Robil tampak didampingi jajaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Di antaranya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, dan Kabid P2P sekaligus Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar