wb_sunny

Breaking News

Panduan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona di Pasar

Panduan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona di Pasar


Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga usai, dan belum diketahui secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Tetapi aktivitas di pasar tradisional masih terus berlangsung.

Pasar tradisional adalah salah satu tempat yang berpotensi besar dalam penularan virus corona. Inilah tempat bertemunya pedagang dan pembeli, serta barang dagangan dan bahan makanan yang tak terhingga jumlahnya.

Transaksi penukaran barang dan kontak fisik meningkatkan risiko tertularnya Covid-19. Oleh karena itu, Badan POM RI telah mengeluarkan panduan pencegahan Covid-19 di pasar tradisional.

1. Berjualan dengan sehat 

Pastikan Anda sebagai penjual dalam keadaan atau kondisi yang sehat.

2. Jangan lupa...

Pedagang atau penjual di pasar jangan lupa dan harus memakai masker, celemek, sarung tangan dan alas kaki yang tertutup agar badan selalu bersih dan tidak mengontaminasi pangan.

3. Hindari kontak langsung 

Gunakan penjepit makanan, sendok, garpu untuk memilih atau mengambil makanan. Upayakan agar makanan jangan langsung bersentuhan dengan tangan. Serta, pastikan makanan selalu terbungkus atau tertutup dengan rapi.

4. Cuci tangan 

Setelah Anda sebagai pedangan memegang sesuatu. Langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik.

5. Bersihkan lingkungan

Upayakan untuk selalu membersihkan lantai dengan disinfektan. Termasuk dengan saluran pembuangan air selokan dan tempat sampah tertutup. Pastikan tersedia sabun cuci tangan di toilet pasar.

6. Jaga jarak fisik

Menjaga jarak adalah hal yang wajib dilakukan di semua tempat pada saat ini. Begitu juga dengan pasar tradisional. Upayakan untuk menjaga jarak sesama pembeli dan pedagang, minimal satu meter untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Tak hanya pedagang, Anda sebagai konsumen pun perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

- Bawa daftar kebutuhan yang akan dibeli 
- Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, atau bawa hand sanitizer 
- Batasi percakapan dan jaga jarak aman minimal satu meter 
- Membawa tas belanja sendiri
- Sepulang ke rumah, ganti pakaian dan langsung mandi 
- Gunakan masker pelindung - Gunakan waktu belanja seefisien mungkin 
- Siapkan uang pas supaya tidak perlu ada kembalian 
- Sentuh barang seminimal mungkin atau menggunakan sarung tangan plastik

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan masyarakat dapat tetap terhindari dari Covid-19 kendati harus berbelanja di pasar tradisional sekalipun.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar