wb_sunny

Breaking News

Selalu Jaga Jarak Dengan Orang Lain Ketika di Kendaraan Umum

Selalu Jaga Jarak Dengan Orang Lain Ketika di Kendaraan Umum


Pengguna transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) terus meningkat setiap pekannya. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta pada calon penumpang agar memperkirakan waktu keberangkatan dengan baik sebab antrean akan bertambah karena penerapan protokol kesehatan.

KRL merupakan moda transportasi umum paling diminati warga Jabodetabek dalam menjalankan aktivitas pekerjaan. Di tengah pandemi Covid-19, operator KRL memberalakukan sejumlah protokol kesehatan bagi para penumpang.

Sebelum memasuki area peron, penumpang terlebih dulu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo-scanner. Selain itu, tiap gerbong dibatasi hanya bisa mengangkut 45 persen penumpang dari kapasitas maksimal. Hal inilah yang kerap menimbulkan antrean panjang di hampir semua stasiun KRL.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, mengatakan sejak dibukanya kembali perkantoran dan pusat bisnis di masa PSBB Transisi di DKI Jakarta, pengguna KRL mengalami peningkatan di tiap awal pekan.

Tercatat pada Senin 8 Juni ada 300.029 pengguna dan Senin 15 Juni tercatat ada 342.436 pengguna atau terjadi peningkatan sekitar 14%. Volume penumpang tersebut merupakan volume tertinggi semenjak diterapkannya PSBB maupun PSBB transisi.

"Hari Senin biasanya selalu menjadi hari dengan jumlah pengguna KRL tertinggi. Pada dua pekan lalu setelah mencatat 300 ribu pengguna pada hari Senin, di hari-hari selanjutnya jumlahnya turun menjadi sekitar 280 ribu pengguna per hari," kata Anne melalui keterangan tertulis, Minggu (21/6/2020).

Anne memprediksi hari Senin esok (22/6/2020) pengguna KRL akan kembali naik seiring semakin banyaknya warga yang beraktivitas kembali. Untuk itu, dia meminta bagi para pengguna KRL agar bisa mengatur jam keberangkatan jauh lebih awal, guna mengantisipasi antrean naik kereta.

"Namun demikian, PT KCI tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat saat para pengguna jasa menggunakan KRL. Untuk itu, pengguna KRL perlu mempersiapkan diri dengan baik terutama pada hari Senin 22 Juni 2020 esok," ujarnya.

Lebih lanjut, Anne sudah menginstruksikan pada semua petugas di stasiun maupun di dalam kereta secara rutin mengingatkan penumpang untuk memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak serta tidak mengobrol di dalam kereta sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Selalu memakai masker, mencuci tangan, patuhi marka di stasiun dan di dalam KRL agar kita tetap bisa jaga jarak. Melalui disiplin yang tinggi kita tetap bisa terus bergerak, produktif, dan aman," tuturnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar