wb_sunny

Breaking News

Terapkan Protokol Kesehatan Ketika Pergi ke Rumah Sakit

Terapkan Protokol Kesehatan Ketika Pergi ke Rumah Sakit


Salah satu cara agar kita tak tertular virus corona (covid-19) adalah dengan berada di rumah saja dan menghindari kerumunan.

Dengan adanya virus corona, kita pun menjadi takut untuk pergi ke luar rumah, terutama ke rumah sakit atau puskesmas.

Namun, kalau ada anggota keluarga kita yang jatuh sakit, mau tak mau kita harus membawanya ke layanan kesehatan, misalnya puskesmas atau rumah sakit.

Alih-alih membawanya ke layanan kesehatan, mungkin kita merasa khawatir jika harus pergi ke rumah sakit atau puskesmas karena takut tertular covid-19.

Oleh karena itu, apa yang perlu kita perhatikan kalau kita harus segera ke rumah sakit?
Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Dr dr Ari Fahrial Syam mengungkapkan, ketika akan ke rumah sakit maupun puskesmas, alangkah baiknya tetap memakai masker dan melakukan physical distancing.

"Ya pakai masker dan physical distancing, saat ini puskesmas di DKI Jakarta baik di kelurahan maupun di kecamatan masih banyak pasien yang datang untuk berobat," ujar Ari.

Ari mengatakan bahwa beberapa puskesmas dan rumah sakit sudah menyediakan hand sanitizer guna mengantisipas penularan virus lebih masif di area layanan kesahatan.
Selain itu, para petugas di sana juga telah menggunakan alat pelindung diri (APD).

Lebih lanjut, Ari mngatakan bahwa ruang tunggu di dalam puskesmas atau rumah saki sudah disediakan tempat duduk yang saling terpisah.

Sementara di loket registrasi, pihak puskesmas maupun rumah sakit telah mengusahakan supaya tak ada kerumunan orang yang mengantre.

"Tempat duduk berjarak, saat registrasi juga tidak boleh mengantre, jadi memang jangan sampai ada antrean," jelas Ari.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar