wb_sunny

Breaking News

Ketahanan Ekonomi Indonesia Terbantu Oleh Sektor Finansial dan Perbankan

Ketahanan Ekonomi Indonesia Terbantu Oleh Sektor Finansial dan Perbankan


Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan saat ini Indonesia terbantu dengan sektor finansial, sehingga tingkat ketahanan ekonomi saat pandemi virus corona (Covid-19) masih tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan perbankan masih menjadi buffer atau penyangga kuat perekonomian Indonesia. 

“Dibandingkan era setelah krisis ekonomi 1998, saat ini kita terbantu dengan sektor finansial. Bank Indonesia juga masih memiliki cadangan devisa yang cukup besar, serta perdagangan kita masih positif,” ujarnya, kemarin malam.

Sementara, mayoritas provinsi di Indonesia sejak Juni lalu juga sudah menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif dibanding bulan sebelumnya.

Misalnya, lanjut Airlangga, Provinsi DKI Jakarta tumbuh relatif tinggi Juni ini, karena sudah ada pembukaan retail pada 15 Juni 2020.

“Pemerintah pun akan mendorong integrasi rencana tata ruang kawasan perkotaan atau metropolitan dengan kebijakan nasional, dengan tujuan memperkuat ekonomi wilayah setelah pandemi ini berakhir. Selain juga memberikan stimulus ke UMKM dan korporasi seperti yang selama ini sudah dilakukan,” katanya.

Adapun terkait penanganan pandemi Covid-19 itu sendiri, pemerintah menjamin penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan, peningkatan fasilitas kesehatan, dan rapid test juga diperbanyak.

Sembari menunggu agar segera ditemukan vaksin yang dapat menyetop mata rantai pandemi covid, dan membantu menyelesaikan persoalan ekonomi secara tidak langsung.

“Jadi, pada dasarnya Indonesia berharap siapa pun (negara) yang bisa memproduksi vaksin, kami harus (diberikan kesempatan) jadi co-production. Pemerintah memberi super deduction tax (bagi perusahaan farmasi yang mampu memproduksi vaksin), juga semua pemimpin negara di ASEAN juga berharap sama, dan mendorong semuanya mendapatkan akses kepada vaksin,” pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar