wb_sunny

Breaking News

Saling Bantu Kawan Berwirausaha, Bersama Kalahkan Corona

Saling Bantu Kawan Berwirausaha, Bersama Kalahkan Corona


Siang tadi kulihat di meja ada sebuah kotak paket terbungkus rapi sekali.

"Eh, ini paket buat siapa?" tanyaku pada anak-anak yang tengah bersama.
"Buat Mama," jawab mereka serentak.

Setelah seharian sibuk sana-sini, ngurus anak-anak, nganter suami yang mau berangkat ke kantornya, ikut-ikutan tren webinar dan zoom meeting untuk belajar berbagai peluang usaha, akhirnya sekarang barulah sempat saya buka paketnya.

Ealah ya Allah Gusti... Maturnuwuun sanget.. dapat kiriman paket tester aromatherapy lemongrass dan lemon. Juga ada argan oil, dari teman lama saya. Semuanya adalah produk racikan dia sendiri.

Usahanya sudah berjalan cukup lama dimulai, jauh sebelum pandemi Covid-19 ini terjadi. Usaha itu telah dirintisnya setelah dia resign dari pekerjaannya di bidang perbankan berapa tahun lampau. Hebatnya usaha tersebut selalu ada gebrakan dan inovasi.

Memilih segmentasi produksi produk-produk perawatan kesehatan kulit dan kecantikan dari bahan-bahan alami (no chemical ingredients), brand atau merek yang disematkan pada produknya adalah "Kambil Natural". Variannya berupa berbagai produk perawatan kencantikan dan kesehatan dengan bahan-bahan organik yang tentunya alami dan ramah lingkungan.

Dia adalah teman satu angkatan, satu jurusan waktu aku kuliah di Solo beberapa tahun lalu. Dulu di kampus hubungan kami nggak terlalu dekat. Dia yang sangat percaya diri dan rame, orang Solo Asli, rumah dekat kampus, dan anak orang berada. Sedang saya yang pendiam (cenderung minder) dan nggak percaya diri serta anak kos yang serba pas-pasan.

Sekarang setelah lulus malah nyambung bangeett hahaha... Mungkin ramainya karena saya setelah punya anak jadi sering ngomel dan nada suaranya mendadak ngalahin Whitney Houston yang ketika nyanyi "I will Always Love You" begitu tinggi oktafnya. Atau juga nada suaranya Celine Dion yang powerful ketika melengking namun merdu dan elegan. Soal enak tidak enak, tentu anakku akan bilang "Bagus sekali suara mama".

Kami jarang chat. Di group kawan-kawan juga memang kami sama-sama jarang muncul. Tapi begitu chat pasti langsung rame dan isinya guyonan yang renyah.

Pernah dirinya dengan senang hati menawari untuk mengajari saya membuat sabun sereh (karena memang saya suka sekali segarnya aroma sereh). Sayang waktu yang belum mempertemukan saya untuk belajar padanya.
Semoga dengan berakhirnya era PSBB dan memasuki era New Normal dengan segala protokol kesehatan yang harus dilakukan, semua aktivitas usaha dan kerja kembali mulai berjalan dengan semestinya.

Setidaknya banyak salon-salon kecantikan dan perawatan yang kembali buka. Banyak perempuan yang kembali aktif berkegiatan di luar rumah dan membutuhkan penampilan yang cantik sempurna. Kuharap hal itu akan membuat usahamu kembali berjalan dan berkembang dengan baik.

Tentu saja banyak kawan yang bisa membantu dengan apa saja yang mereka bisa. Mungkin bisa membantu mengenalkan produk-produk karyamu melalui bisik-bisik dari mulut ke mulut ataupun melalui obrolan di sosial media. Melalui gethok tular (word of mouth) dari kawan-kawan sendiri, mungkin bisa menjadi pengganti iklan untuk mengenalkan produkmu ke konsumennya.

Maturnuwun ya sahabatku... Aroma therapinya wangi. Alhamdulillah anakku juga suka. Malam ini sebelum tidur pasti akan aku pakai. Dan aku pun akan pulas dengan nyaman serta tersenyum.

Semoga makin lancar usahanya ya, kawan... Makin nambah ilmunya, dan makin berlimpah berkat meskipun pandemi Covid-19 ini belum benar-benar berakhir. Selamat kembali bekerja sahabat. Tabik.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar