wb_sunny

Breaking News

Tes Corona Semakin Mudah, Cukup Tusuk Jari Hasil akan Diketahui 20 Menit Kemudian

Tes Corona Semakin Mudah, Cukup Tusuk Jari Hasil akan Diketahui 20 Menit Kemudian


Tak hanya berlomba-lomba menghasilkan vaksin untuk virus corona, banyak negara juga berlomba-lomba menghasilkan metode termudah dan akurat untuk tes antibodi virus corona.

Salah satu negara yang mulai menunjukkan hasil uji cobanya adalah Inggris. Uji coba ini awalnya dirahasiakan oleh pemerintah setempat.

Namun dalam waktu, pemerintah Inggris berencana mendistribusikan jutaan tes antibodi virus corona secara gratis setelah sukses uji coba rahasianya.

Tes dengan menusuk jari ini, akan memberitahukan dalam 20 menit bila seseorang telah terpapar virus corona.

Berdasarkan uji coba pada manusia Juni lalu, ditemukan 98,6% akurat, seperti dilaporkan Daily Telegraph, belum lama ini.

Tes ini telah dikembangkan oleh Konsorsium Rapid Test Inggris (UK-RTC), sebuah kemitraan dengan Universitas Oxford dan perusahaan diagnosa Inggris terkemuka.

Sir John Bell, profesor obat-obatan Oxford dan kepala program tes antibodi pemerintah Inggris, seperti dikutip Telegraph mengatakan: “Rapid test yang akan dilakukan ini terbilang sungguh mengagumkan, dan ini memperlihatkan kita bisa melakukannya sendiri.”

Namun, uji coba pemerintah secara masal ini dibayang-bayangi berbagai masalah. Karena tes antibodi yang pernah dipesan sebelumnya dari Cina terbukti tidak efektif.

Hal ini juga meninggalkan ketidakjelasan apakah seseorang yang dites positif antibodi virus corona akan kebal terhadap infeksi di masa datang, karena para ilmuwan belum memiliki gambaran penuh bagaimana penyakit ini bekerja.

Kementerian Kesehatan Inggris berharap tes AbC-19 ini akan tersedia untuk program skrining massal sebelum akhir tahun ini.

“Ini terbukti 98,6 persen akurat, dan ini kabar yang sangat menggembirakan,” jelas Chris Hand, pemimpin UK-RTC, seperti dikutip Daily Telegraph.

“Kami sekarang bermitra untuk memproduksi ratusan ribu dosis setiap bulan,” tambah Hand, Departemen Kesehatan Inggris kini tengah negosiasi dengan UK-RTC untuk membeli jutaan tes sebelum tahun ini berakhir.

Tes ini kemungkinan besar gratis dan akan dipesan secara online selain dijual di supermarket.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar