wb_sunny

Breaking News

UMKM Terdampak Covid-19 Bakal Dapat Stimulus

UMKM Terdampak Covid-19 Bakal Dapat Stimulus


Pandemi Covid-19 sudah pasti telah memukul perokonomian. Banyak sektor usaha yang terkena dampak, tak terkecuali kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, jumlah UMKM di kota seribu jasa tersebut ada sebanyak 13.368.

Dari jumlah itu, telah terdata sekitar 500 sampai 600 UMKM yang operasional bisnisnya terdampak wabah Covid-19 dan terancam gukung tikar. Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya memulihkan perekonomian UMKM dengan memberikan stimulus.

“Stimulus itu berupa memfasilitasi akses permodalan, memfasilitasi pelaku UMKM dengan marketplace, melakukan pelatihan daring (online) dan pendampingan pelaku UMKM,” ujat Kepala Dinkop UKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra, Senin (6/7/202).

Bahkan Teddy berharap stimulus tersebut bisa mendorong kalangan pelaku UMKM untuk tetap bertahan di tengah himpitan pandemi. “Mudah mudahan ini sangat membatu para UMKM di Kota Tangerang menghadapi situasi ekonomi yang tengah terpuruk di masa pendemi Covid-19,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang UKM Kota Tangerang Katrina Iswandari menjelaskan pihaknya saat ini tengah mendata para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Data ini untuk validasi serta rencana penyaluran dana stimulus.

“Ditargetkan bulan Juli 2020 data sudah terkumpul. Kami juga menyiapkan aplikasi berbasis digital untuk memudahkan pendataan, berkoordinasi dengan Dinas Kominfo,” jelas Katrina.

Berdasarkan data, hingga kini sudah ada 302 pelaku UMKM yang diberikan pelatihan, termasuk pelatihan pemasaran dengan metode daring. Selanjutnya, mereka akan dievaluasi dan diawasi, sehingga materi yang diberikan bisa dipraktekan. “Sebagai modal awal, mereka diberikan peralatan komputer untuk memasarkan produk yang dihasilkannya,” tukasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar